Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan teori
puisi dengan kemampuan apresiasi puisi siswa kelas X SMA N 47 Jakarta
Selatan.
Dengan menggunakan metode deskriptif korelasional, penelitian ini
mencoba memberikan informasi tentang hubungan antara dua variabel,
penguasaan teori puisi dengan kemampuan apresiasi puisi.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 47 Jakarta Selatan pada semester 2
tahun pelajaran 2009/2010. Sampel diambil secara acak sederhana (simpel random sampling) dengan mengambil 15% dari jumlah populasi yaitu 48 siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 47 Jakarta Selatan yang berjumlah 320 siswa.
Dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product
moment diperoleh r hitung sebesar 0.178. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan r tabel dengan taraf signifikan 5 % adalah 0.284, berarti r hitung lebih kecil dari r table. Dengan demikian Ho yang menyatakan tidak ada hubungan antara penguasaan teori puisi dengan kemampuan apresiasi puisi diterima dan sebaliknya H1 yang menyatakan ada hubungan antara penguasaan teori puisi dengan kemampuan apresiasi puisi ditolak.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan
penguasaan teori puisi dengan kemampuan apresiasi puisi. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tidak mesti menguasai teori puisi untuk mengapresiasikan karya sastra yang berbentuk puisi. Siswa diberikan kebebasan berimajinasi, siswa tidak begitu perlu untuk dibebani dengan penguasan teori-teori puisi terlebih dahulu.