OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S015-00305
Judul : Hubungan antara kemampuan berfikir operasional formal ( daya nalar abstrak )dengan hasil belajar fisika siswa
Pengarang : Haerul Anwar
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S015-00305 S015-00305 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 45812
 Abstrak
Penelitian bertujuan untuk meneliti seberapa besar Hubungan Antara Kemampuan Berfikir Operasional Formal (Daya Nalar Abstrak) dengan Hasil Belajar Fisika Siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA MUHAMMADIYAH 18 JAKARTA. Sampel penelitian sebanyak 30 siswa kelas X-5 ditentukan dengan simple random sampling. Hasil analisis deskripsi mengungkapkan, bahwa kemampuan berfikir operasional formal dengan mean = 67,23 kategori baik dan hasil belajar fisika mean =58,17 cukup baik. Hasil analisis regresi linier diperoleh Fhitung = 53,93 ≥ Ftabel = 4,02 artinya kemampuan berfikir operasional formal mempunyai hubungan yang signifikan. Kemampuan operasional formal memberikan kontribusi 66% (r = 0,813; t = 7,413) terhadap hasil belajar fisika siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berfikir operasional formal dengan hasil belajar fisika siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox