OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S07-00360
Judul : Pengaruh pendekatan contextual teaching and learning dalam meningkatkan prestasi belajar agama Islam siswa (Eksperimen di kelas XI akuntansi 2 SMK sumpah pemuda Jakarta Barat)
Pengarang : Syahrurrohmah
Penerbit dan Distribusi : FAI
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S07-00360 S07-00360 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 45794
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Islam Siswa (Eksperimen di kelas XI Akuntansi 2 SMK Sumpah Pemuda Jakarta Barat). Penelitian ini dilakukan di SMK Sumpah Pemuda Jakarta Barat pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2010. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis studi korelasi. Besar sampel sebanyak 36 orang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengetahui nilai Pre-Test dan nilai Post-Test yang akan menunjukkan seberapa jauh pengaruh yang didapat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar agama Islam siswa di SMK Sumpah Pemuda Jakarta Barat. Uji validitas menggunakan korelasi Point Biserial, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20. Hasil perhitungan koefisien reliabilitas sebesar 0,963 dengan demikian instrumen yang digunakan secara keseluruhan reliabel sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan prestasi belajar Agama Islam siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata nilai Pre-Test sebesar 58,19 dan rata-rata nilai Post-Test sebesar 72,36 dengan koefisien korelasi rxy atau ro lebih besar dari rtabel atau rt (0,417 > 0,325). Kemudian berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,68 yang lebih besar dari ttabel sebesar 2,03.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox