OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00367
Judul : Korelasi Antara Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Mengarang narasi Siswa Kelas III SMPN 58 Jakarta
Pengarang : Dinia Rosdiana
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek : Bahasa Indonesia-Skripsi
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00367 S011-00367 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 45791
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara penguasaan kosakata dengan kemampuan mengarang narasi siswa kelas VII SMPN 58 Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 58 Jakarta Selatan pada bulan Mei-Juni 2010. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen penguasaan kosakata (variabel X) menggunakan tes pilihan ganda, sedangkan untuk instrumen kemampuan mengarang narasi (variabel Y) menggunakan tes menulis. Dalam penelitian ini diujicobakan kepada 20 siswa dalam populasi selain responden, dan dari hasil uji coba diperoleh 30 soal, sehingga instrument penelitian ini reliable dan layak digunakan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 58 Jakarta Selatan dengan jumlah 251 siswa yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling. Dilakukan pengundian, dan diperoleh sampel kelas VII-1 dan VII- 4 dengan jumlah siswa 67. Kemudian dari 67 siswa tersebut diambil kembali secara acak sehingga menjadi 40 siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, nilai rata-rata penguasaan kosakata sebesar 66,3, sedangkan nilai rata-rata kemampuan mengarang narasi sebesar 73,7. Kemudian penulis melakukan perhitungan menggunakan uji product moment yang menghasilkan hitung sebesar 0,46 lebih besar dari pada tabel sebesar 0,304 pada taraf signifikansi (α) 0,95. Uji signifikansi korelasi (menguji apakah hitung sebesar 0,46 ini signifikan), dilakukan dengan uji-t khusus untuk korelasi yang menghasilkan hitung sebesar 3,19. Dalam tabel diketahui tabel pada taraf signifikansi (α) 0,95 dengan derajat kebebasan (dk) 38 adalah 1,68. Dapat terlihat hasilnya, diperoleh hitung (3,19) > ttabel (1,68) maka Ho ditolak, sebaliknya Hi diterima. Dengan demikian, penulis menyimpulkan terdapat korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan mengarang narasi siswa kelas VII SMPN 58 Jakarta Selatan. Apabila penguasaan kosakata tinggi maka kemampuan mengarang narasi tinggi pula.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox