Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kepala sekolah dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cikarang-Bekasi dan untuk mendeskripsikan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan sumber daya tenaga pendidik dan kependidikan, sarana prasarana, dana pendidikan serta peran guru dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di MAN Cikarang, Bekasi.
Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cikarang Kabupaten Bekasi pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan sampel seorang kepala sekolah, 5 orang guru, dan 3 orang staf tata usaha. Pengumpulan data implementasi Manajemen Berbasis Sekolah terhadap kinerja kepala sekolah menggunakan angket dengan skala nilai 1 sampai dengan 5, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja kepala sekolah dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang mencakup aspek kepala sekolah sebagai educator, manager administrator, supervisor leader, inovator, dan motivator (EMASLIM), serta kemampuan mengelola sumber dana, sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cikarang Kabupaten Bekasi sudah baik, dengan pencapain nilai rata-rata sebesar 4,1. Kinerja kepala sekolah dalam implementasi MBS di MAN Cikarang juga telah memberikan kesempatan kepada guru dan tenaga kependidikan lainnya, dan warga sekolah dapat berperan aktif dalam upaya mewujudkan visi dan misi sekolah melalui peran masing¬-masing.