OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S07-00348
Judul : Efektifitas metode demonstrasi pada proses pembelajaran fiqih (studi kasus di MTs Al Makmur Parung Panjang Bogor)
Pengarang : Fitria Fatimah
Penerbit dan Distribusi : FAI
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S07-00348 S07-00348 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 45712
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode demonstrasi pada proses pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al Makmur Parung Panjang Bogor. Fiqih yang dimaksud adalah pengertian fiqih yang terdapat dalam GBPP MTs yaitu bimbingan untuk mengetahui ketentuan-ketentuan syariat Islam atau usaha bimbingan terhadap anak didik agar memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam. Sedangkan metode demonstrasi adalah cara pembelajaran dengan memperagakan, mempertunjukkan atau memperlihatkan sesuatu di kelas atau di luar kelas baik secara langsung maupun penggunaan media pengajaran yang relevan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode yang diarahkan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan apa adanya hasil penelitian dan untuk penyelidikan pada masa sekarang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan angket yang disebarkan kepada siswa dengan cara random sampling/secara acak. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTs Al Makmur tahun ajaran 2009-2010 yang berjumlah 240 siswa untuk memudahkan penelitian maka penulis bulatkan menjadi 60 siswa (sebagai sampel penelitian) Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa sangat tertarik dengan adanya penggunaan metode demonstrasi. Hal ini terbukti dengan hasil angket yang menggambarkan sebagian besar siswa yakni sebanyak 70% siswa sangat tertarik dengan penggunaan metode demonstrasi. Selain itu, metode demonstrasi menambah minat belajar mereka dalam pembelajaran fiqih. Kondisi siswa cukup teratur atau tenang ketika guru menjelaskan pelajaran fiqih dengan metode demonstrasi. Dan metode demonstrasi juga dapat menambah pemahaman siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox