Abstrak
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana Hubungan Prestasi Siswa Pendidikan Agama Islam Terhadap Sikap Disiplin Siswa pada Madrasah Aliyah Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta yang berlokasi Jl.Ibnu Taimia IV Kompleks UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Adapun waktu penelitiannya dilaksanakan dari tanggal 17 Mei 2010 sampai dengan 26 Juni 2010 Metode penelitian yang di gunakan adalah metode diskkriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari dua macam yaitu informan dan key informan. Informen yang ada di dalam penelitian ini berjumlah dua kelas masing-masing kelas terdapat 72 siswa. sedangankan key informannya adalah kepala sekolah dan wali kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara angket. Dari hasil angket dianalisis dengan rumus statistik yaitu dengan rumus produk Moment.
Dalam penelitian ini prestasi belajar dan disiplin siswa sangat terkait dengan pembahasan yang mana disiplin merupakan salah satu bagian dari keseluruhan sistem tata sekolah pendidikan dan ia merupakan faktor utama dalam menentukan prestasi belajar siswa disuatu sekolah. jika siswa belajar dengan disiplin berarti ia tekun mempelajari materi pelajaran yang diajarkan oleh gurunya. disiplin belajar siswa dapat dilihat dari ketekunannya belajar, ketaatan terhadap jam-jam belajar mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru disekolah, memeriksa buku-buku pelajaran sebelum berangkat ke sekolah dan tidak terjerumus pada kenakalan anak perwujudan dari disiplin belajar akan terlihat dari tingkat prestasi belajar yang dicapai.
Prestasi belajar terdiri dari dua kata yakni kata ? prestasi dan belajar ?. prestasi adalah hasil dari sebuah kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan bekerja baik secara individual maupun dalam bidang kegiatan tertentu. sedangkan belajar adalah suatu perubahan dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari pada reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian atau suatu pengertian. jadi prestasi belajar adalah hasil yang telah diraih oleh seorang siswa dalam belajar atau selama dan sesudah ia mengalami proses belajar atau dapat dikatakan sebagai hasil perkembangan pendekatan belajar yakni jenis untuk melakukanan berupa pengetahuan, sikap, keterampilan, nilai, keyakinan dan nilai-nilai yang diperolehnya. faktor-faktor yang mempengaruhi belajar adalah : 1) faktor internal yakni keadaan atau kondisi jasmani dan rohani. 2) faktor eksternal yakni kondisi lingkungan disekitar siswa, 3) faktor pendekatan belajar yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran materi-materi pelajaran. 4) faktor yang berhubungan dengan pengelolaan kelas, dan 5) faktor yang berhubungan pengajaran.