OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-00405
Judul : Hubungan pengetahuan dan sikap tentang safetyriding dengan perilaku aman dalam berkendaraan tukang ojek klurahan Pondok Kopi Jakarta Timur tahun 2010
Pengarang : Tofan Nofiyanto
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek : PERILAKU AMAN BERKENDARAAN
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-00405 S05-00405 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 45111
 Abstrak
FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN / PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT / PEMINATAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) Skripsi, Juli 2010 TOFAN NOFIYANTO 0605015072 HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG SAFETY RIDING DENGAN PERILAKU AMAN DALAM BERKENDARAAN TUKANG OJEK KELURAHAN PONDOK KOPI JAKARTA TIMUR TAHUN 2010, 7 BAB, 59 HALAMAN, 5 TABEL ABSTRAK Perilaku aman berkendaraan sepeda motor yang dilakukan oleh para tukang ojek dapat dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap tentang safety riding merupakan factor yang sangat penting untuk terbentuknya perilaku aman berkendara dan biasanya perilaku yang didasari atas pengetahuan dan sikap akan bertahan lama dan langgeng. Pengetahuan dan sikap tukang ojek tentang Safety Ridding perlu dipahami dan ditingkatkan respon positifnya agar perilaku-perilaku yang akan menimbulkan kecelakaan lalu lintas tidak terjadi. Berdasarkan uraian-uraian tersebut diatas membuat penulis tertarik untuk meneliti tentang ? Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Tentang Safety Riding dengan Perilaku Aman dalam Berkendaraan Tukang Ojek Di Pangkalan Ojek Kelurahan Pondok Kopi, Jakarta Timur ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan safety riding dengan perilaku aman berkendaraan tukang ojek. Desain yang digunakan yaitu cross sectional dengan jumlah sampel 33 responden. Dimensi dari pengetahuan tentang safety riding meliputi arti safety riding, keselamatan berkendaraan dan peraturan lalu lintas. Dimensi perilaku aman berkendaraan meliputi persiapan berkendaraan sepeda motor dan pelaksanaan sepeda motor. Penelitian ini diukur menggunakan kuesioner, analisis univariat dan bivariat. Sebagian besar Responden di Pangkalan Ojek Kelurahan Pondok Kopi, Jakarta Timur yang memiliki perilaku positif paling banyak pada responden yang memiliki pengetahuan tinggi (39,4%) lebih kecil dari pada responden yang memiliki pengetahuan rendah (60,6%). Hasil uji chi square kurang 0,05 menunjukkan ada hubungan bermakna antara pengetahuan tukang ojek dengan perilaku Aman Dalam Berkendaraan (P value 0,001). Hasil risk estimate menunjukkan perhitungan prevalensi ratio sebesar 0,193 kali yang berarti responden yang memiliki pengetahuan tinggi cenderung untuk berperilaku baik 0,193 kali dari pada responden yang memiliki pengetahuan rendah (95% CI 0,070 ? 0,535). Diharapkan partisipasi para tukang ojek di Pangkalan Ojek Pondok Kopi Jakarta Timur untuk lebih mengutamakan keselamatan berkendaraan sepeda motor dalam aktifitas sehari-hari. Daftar Bacaan : 21 bacaan (2001-2009)
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox