OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00333
Judul : Pengaruh teknik kolaborasi terhadap kemampuan menulis artikel siswa kelas XI madrasah Akliyah Al-Khairiyah Mampang Prapatan Jakarta Selatan.
Pengarang : Retnowati Komala Dewi
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00333 S011-00333 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 42719
 Abstrak
ABSTRAK RETNOWATI KOMALA DEWLNIM: 0501055050. Pengaruh Teknik Kolaborasi Terhadap Kemampuan Menulis Artikel Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Mampang Prapatan Jakarta Selatan.Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh teknik kolaborasi terhadap kemampuan menulis artikel siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al- Khairiyah Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Al- Khairiyah Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Waktu pelaksanaan pada tahun ajaran 2008/2009, pada tanggal 13 April s.d 26 Juni 2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas XI Jurusan IPA yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 79 siswa, sedangkan sampel menggunakan teknik random sampling (pengambilan sampel secara acak). Sampel berjumlah 40 siswa, yaitu diambil 20 siswa dari setiap kelas secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan menulis artikel. Setelah data terkumpul, hasil tes kemampuan menulis artikel lalu diteliti dan dianalisis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata menulis artikel dengan tidak menggunakan teknik kolaborasi sebesar 68,9, sedangkan nilai rata-rata menulis artikel dengan menggunakan teknik kolaborasi sebesar 75,5. Selanjutnya penulis melakukan perhitungan dengan menggunakan uji-t, diperoleh t hitung sebesar 3,18 dengan d.b sebesar 38, selanjutnya penulis mengkonsultasi dengan harga t kritis pada taraf signifikansi 0,05 ialah 1,68. Hasil konsultasi tersebut dapat diketahui t hitung > t tabel (3,18 > 1,68). Dengan demikian Hi yang menyatakan bahwa :Terdapat pengaruh antara teknik kolaborasi terhadap kemampuan menulis artikel siswa, diterima. Dengan demikian penulis menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis artikel dengan menggunakan teknik kolaborasi pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Mampang Prapatan Jakarta Selatan.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox