OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00330
Judul : Perbedaan kemampuan menulis berita yang menggunakan metode investigasi kelompok dengan metode jigsaw siswa kelas VIII B dan VIII D Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Jakarta Selatan
Pengarang : Emi Hamidah
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00330 S011-00330 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 42715
 Abstrak
ABSTRAK EMI HAMIDAH, Perbedaan Kemampuan Menulis Berita yang Menggunakan Metode Investigasi Kelompok dengan Metode Jigsaw Siswa Kelas VIII B dan VIII D Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Jakarta Selatan. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan menulis berita yang menggunakan metode investigasi kelompok dengan metode jigsaw siswa kelas VIII MTS Al-khairiyah Jakarta selatan. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Al-Khairiyah Jakarta. Waktu pelaksanaan pada bulan April dan Mei 2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan cara membandingkan kemampuan menulis berita yang menggunakan metode investigasi kelompok dengan metode jigsaw siswa kelas VIII B dan VIII D MTS Al-Khairiyah. Populasi dalam penelitian ini, seluruh siswa kelas VIII B dan VIII D MTS Al-Khairiyah, yang berumlah 78 siswa. Sampel berjumlah 60 siswa, yaitu kelas VIII B berjumlah 30 dan kelas VIII D berjumlah 30 siswa. Dari sampel tersebut 30 siswa menggunakan metode investigasi kelompok dan 30 siswa menggunakan metode jigsaw. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan menulis berita, baik dengan menggunakan metode investigasi kelompok maupun metode jigsaw. Setelah data terkumpul, hasil tes kemampuan menulis berita, baik dengan menggunakan metode investigasi kelompok maupun media jigsaw dihitung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata menulis berita yang menggunakan metode investigasi kelompok sebesar 76,63, sedangkan nilai rata-rata menulis berita yang menggunakan metode jigsaw sebesar 68,93. Selanjutnya, penulis melakukan perhitungan dengan menggunakan uji-t, diperoleh t hitung sebesar 9,62. dalam tabel diketahui harga t kritis pada taraf signifikasi 0,05 ialah 1,67. Dapat terlihat hasilnya, diperoleh t hitung > t tabel ( 9,62 > 1,67 ), berarti H 1 diterima. Dengan demikian penulis menyimpulkan terdapat perbedaan kemampuan menulis berita yang signifikan antara yang menggunakan metode investigasi kelompok dengan metode jigsaw pada siswa kelas VIII MTS Al-Khairiyah Jakarta Selatan.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox