OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00312
Judul : Pengaruh Netdoe learning community terhadap pembelajaran mengarang ilmiah siswa kelas kelas xi SMA PGRI 109 Karawaci
Pengarang : Rina Hafsari
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00312 S011-00312 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 42695
 Abstrak
RINA HAPSARI.0401055060. PENAGRUH METODE `LEARNING COMMUNITY' TERHADAP PEMBELAJARAN MENGARANG ILMIAH SISWA KELAS XI DI SMA PGRI 109 KARAWACI TANGERANG. JAKARTA : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. 2008. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pengaruh metode 'learning community'terhadap pembelajaran mengarang ilmiah(makalah) siswa SMA PGRI 109 Karawaci Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2007/2008. populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PGRI 109 Tangerang. Kemudian penulis menentukan kriteria penilaian dalam penelitian yang disesuaikan menggunakan Burhan Nurgiantoro tetapi tidak diambil secara penuh disesuaikan dengan keperluan penelitian, yaitu pendahuluan(latar belakang, maksud, dan tujuan, isi keseluruhan), permasalahan, pembahasan, kesimpulan dan saran berdasarkan skor yang dinilai. Penulis membuat kesimpulan mengenai pengaruh metode mengarang ilmiah (makalah). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan : Berdasarkan pengajuan hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan signifikan bahwa terdapat pengaruh antara metode'learning communty' terhadap pembelajaran mengarang ilmiah (makalah) siswa kelas XI SMA PGRI 109 Karawaci Tangerang. Jumlah nilai tes mengarang ilmiah (makalah) setelah mendapat perlakuan metode' learning community'lebih tinggi hasilnya, dengan rata-rata 68,67 dibandingkan dengan jumlah nilai mengarang ilmiah (makalah) sebelum mendapatkan perlakuan metode' learning community' yaitu dengan rata-rata 54,57. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode learning community'dapat meningkatkan pembelajaran mengarang ilmiah (makalah) siswa. Dengan memperhatikan keseluruhan uraian di atas, penulis dapat menyatakan bahwa angka (nilai T) (2,249 > 2,042). Nilai t hit sebesar 2,249 sedangkan nilai t tabel 2,042 pada taraf signifikan 0,5. Dengan demikian hipotesis H diterima yang berarti terdapat pengaruh metode 'learning community'terhadap pembelajaran mengarang ilmiah (makalah) siswa kelas XI SMA PGRI 109 Karawaci Tangerang.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox