Abstrak
Kepuasan adalah perasaan, keadaan dimana kebutuhan, keinginan dapat terpenuhi. Kepuasan pasien tergantung dari pelayanan kesehatan yang diberikan.
Tujuan dari penelitian adalah diperolehnya studi kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Cibabat Cimahi. Jenis penelitian ini adalah penilaian survei dengan pendekatan yang bersifat diskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner tentang kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Cibabat Cimahi.
Populasi dari penilaian ini adalah pasien Rawat Inap (Ruang Cendrawasih, Ruang Merak, Ruang Garuda, Ruang Nuri) sedangkan sampel yang diambil berjumlah 50 responden. Dari hasil yang di dapatkan bahwa umur responden terbanyak adalah 26-36 tahun (36%) jenis kelamin laki-laki dan perempuan seimbang (50%). Tingkat pendidikan pasien yang di rawat sebagian besar lulus SMP (38%). Jenis pekedaan responden terbanyak adalah wiraswasta sebesar (26%), lama hari rawat pasien di RSU Cibabat Cimahi adalah 3-7 hari (68%). Sebagian besar responden menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Cibabat Cimahi.
Pasien yang merasa puas terhadap pelayanan penerimaan sebesar 88,4%, pelayanan dokter 92,4%, pelayanan perawatan sebesar 98,4%, pelayanan fasilitas dan sarana sebesar 83,6%, pelayanan keadaan lingkungan sebesar 90%, dan pelayanan makanan dan menu sebesar 73,2%.
Saran yang dapat berikan kepada Rumah Sakit Umum Cibabat Cimahi dalam upaya meningkatkan kepuasan pasien adalah melakukan penyegaran terhadap pelayanan keperawatan mengganti menu makanan setiap hari. Ruang tunggu dibuat senyaman mungkin, penyediaan fasilitas berdasarkan kelas perawatan, kehadiran dokter agar datang setiap hari kerja. Keadaan lingkungan Ruang Rawat Inap agar ditingkatkan kebersihannya dan penjagaan yang ketat dari petugas keamanan.