OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T091-00033
Judul : Hubungan Antara Persepsi Siswa 'terhadap Kemampuan Guru Dalam Mengelola Interaksi Proses Belajar Mengajar dan Menggunakan Media Pengajaran bahasa Indonesia Dengan Prestasi I3elajar Siswa
Pengarang : Tatu Hilaliyah
Penerbit dan Distribusi : MPEP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T091-00033 T091-00033 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 38763
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mcngetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kemampuan guru dalam mengelola interaksi proses helajar mengajar dan menggunakan media pengajaran Bahasa Indonesia dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukaii di SLTP Negeri 3 Cilegon Kecamatan Pulomerak, Kotamadya Cilegon, Jawa Barat pada bulan September 1999. Metode Penelitian yang digunakan adalah Survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 3 SLTP Negeri 3 Cilegon, dengan sampel sebesar 65 siswa yang dipilih secara acak sederhana dari populasi 322 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Sebelum digunakan untuk penelitian, instrumen diujicobakan untuk tnengetahui validitas dan reliabilitasnya dengan melibatkan 30 orang siswa. Teknik analisis yang digunakan terdiri dari analisis korelasi dan analisis regresi ganda, dan semuanya berada pada taraf signifikan a = 0,05. Dari analisis Korelasi diketahui : (l) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan guru dalam mengelola interaksi proses belajar mengajar dengan prestasi elajar siswa (r = 0,62 dan th = 6,31), (2) terdapat hubungan positif antara persepsi siswa terhadap kernampuan guru dalam menggunakan media pengajaran Bahasa Indonesia dengan prestasi belajar siswa (r = 0.6I dan ti, = 6,13). Basil analisis Regresi ganda menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kemampuan guru dalam mengelola interaksi proses belajar mengajar dan menggunkan media pengajaran Bahasa Indonesia menurut persepsi siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa (Ry.12 = 0,88). Pada taraf a = 5% dan koefisien determinan R- 0,78. Kesimpulan dari peelitian ini adalah : terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan guru dalam mengelola interaksi proses belajar mengajar dan menggunaan media pengajaran Bahasa Indonesia menurut persepsi siswa dengan prestasi belajar siswa dengan Cara sendiri-sendiri atau secara bersama-sama. Basil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi acuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah khususnya dan mutu pendidikan pada umumnya. Serta diharapkan berguna bagi para guru S LTP Negeri 3 Ciegon khsusnya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mengajar dalam proses belajar mengajar dengan rnenguasai sepuluh kompetensi guru, sehingga menjadi guru profesional yang mencintai tugas dan tanggung jawabnya.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox