Abstrak
Penelitian ini pertama-tama bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim organisasi sekolah dan prestasi kerja guru, hubungan antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dengan prestasi kerja guru, serta hubungan antara iklim organisasi sekolah dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah dengan prestasi kerja guru.
Hipotesis yang diuji adalah : (1) terdapat hubungan positif antara iklim organisasi sekolah dan preestasi kerja guru; (2) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan prestasi kerja guru; (3) terdapat hubungan positif antara iklim organisasi sekolah, kepemimpinan instruksional kepala sekolah secara bersama-sama dengan prestasi kerja guru SLIP Negeri di Kabupaten Serang Proponsi Jawa Barat_
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh kepala sekolah dan guru SLTP Negeri yang ada di sub rayon 2 (sub Rayon tengah) . Kabupaten Serang berjumlah 544 orang. Sampel penelitian berjumlah 140 orang (15 % dari. populasi)_ Teknik pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, setiap populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel penelitian. Mat Pengumpul data digunakan angket.
Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : Pertama terdapat hubungan positif antara iklim organisasi sekolah (Xi) dengan prestasi kerja guru (Y) diperoleh harga r = 0,79 berada di luar daerah penerimaan H pada taraf kepercayaan 5 %.
Kedua, terdapat hubungan positif signifikan antara kepemimpinan instruksionai kepala sekolah (X 2 ) dan prestasi kerja guru diperoleh harga r =0,81.
Ketiga, terdapat hubungan positif signifikan antara iklim organisasi sekolah dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah (X 3 ) dengan prestasi kerja guru (Y) diperoleh harga r = 0,83.