OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T091-00021
Judul : Hubungan antara Kemampuan Awal IPA dan Motivasi siswa mengikuti pembelajaran pertanian dengan Prestasi belajar budidaya tanaman
Pengarang : Imam Subandi
Penerbit dan Distribusi : MPEP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T091-00021 T091-00021 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 38742
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kemampuan Awal IPA dan Motivasi siswa mengikuti pembelajaran pertanian dengan Prestasi belajar budidaya tanaman. Hipotesis yang diajukan adalah : (1) Terdapat hubungan positif antara Kemampuan Awal IPA dengan Prestasi belajar budidaya tanaman, (2) terdapat hubungan positif antara Motiasi siswa mengikuti pembelajaran pertanian dengan Prestasi belajar budidaya tanaman, (3) terdapat hubungan positif antara Kemampuan Awal IPA dan Motivasi siswa mengikuti pembelajaran pertanian dengan Prestasi belajar budidaya tanaman. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Populasi adalah siswa Jurusan Budidaya Tanaman SMK Pertanian Pandegelang. Sampel diambil menggunakan teknik random sederhana. Instrumen penelitian didasarkan atas validitas isi (content validity). Uji keterandalan untuk instrumen Motivasi siswa mengikuti pembelajaran pertanian menggunakan perhitungan Alpha Cronbach diperoleh hasil r11= 0,873, sedangkan instumen Prestasi belajar budidaya tanaman menggunakan perhitungan KR.20 diperoleh basil rkk = 0,875. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi dan korelasi dapat disimpulkan: Pertama, terdapat hubungan positif antara kemampuan Awal IPA (X1) dengan Prestasi belajar budidaya tanaman (Y), dengan persamaan regresiŶ = 11, 4030 + 2, 0507 X1 dengan koefesien korelasi ryl = 0,5523 pada koefisien determinasi ry12 = 0,3051 serta koefisien parsial ry1.2 = 0,3075 Kedua, terdapat hubungan positif antara Motivasi siswa mengikuti pembelajaran pertanian (X2) dengan Prestasi belajar budidaya tanaman (Y), dengan persamaan regresi Ŷ = - 3, 3748 + 0, 2398 X2 dengan koefesien korelasi ry2 = 0, 9327 pada taraf α = 5%, dan koefisien determinasi ry22 = 0, 8699 serta koefisien parsial ry2.l = 0, 9112 Ketiga, terdapat hubungan positif antara kemampuan Awal IPA (X1) dan Motivasi siswa mengikuti pembelajaran pertanian (X2) dengan Prestasi belajar budidaya tanaman (Y), dengan persamaan regresi Ŷ = - 4,0926 + 0,4720 XI + 0,2239 X2 dengan koefisien korelasi R y.12 = 0,9393 clan koefisien deteiminasi Ry.122 = 0,8822. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai masukan dalam taraf α = 5%, meningkatkan mutu lulusan SMK Pertanian sehingga permintaan tenaga kerja tingkat menengah dibidang pertanian dapat terpenuhi.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox