OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T091-00013
Judul : Kontribusi Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Awal Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika
Pengarang : Hasnati Ramli
Penerbit dan Distribusi : MPEP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T091-00013 T091-00013 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 38734
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi motivasi berprestasi dan kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika. Hipotesis yang diajukan adalah : (1) terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematirka; (2) terdapat hubungan positif antara kemampuan awal matematika dengan hasil belajar matematika, (3) Motivasi berprestasi dan kemampuan awal matematika mempunyai hubungan positif terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan dengan metoda survey. Populasi target adalah siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan. Sampel diambil dengan teknik Multi Stage Random Sampling. Instrumen peneliti.an didasarkan Validitas isi (content Valdity), sedang keterandalan dihitung dengan minus Alpa Cronbach. Hasil uji coba menunjukkan bahwa keterandalan masing-masing instrumen adalah sebagai berikut : motivasi berprestasi mempunyai rd = 0,933, kemampuan awal matematika rtt = 0,856 dan hasil belajar matematika mempunyai rrt = 0,859. Analisis data yang dipakai adalah analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : Pertama, terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi (X1) dengan hasil belajar matematika (Y), dengan persamaan regresi t _ -5,029 + 0,153 X1 dengan koefisien korelasi ryl = 0,577 pada taraf alpa = 5% dan kontribusi r2 = 0,333 = 33,3%. Kedua, terdapat hubungan positif antara kemampuan awal matematika (X2) dengan hasil belajar matematika (Y), dengan persamaan regresi t= 2,277 + 0,817 X2 dengan koefisien korelasi ryr2 = 0,846 pada taraf alpa = 5% dan kontribusi r-a = 0,715 = 71,5 %. Ketiga, terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi (X1) dan kemampuan. awal matematika (X2) terhadap hasil belajar matematika (Y), dengan persamaan regresi ŷ = -0,0573 + 0,0264 X1 + 0,758 X2 dengan koefisien korelasi Ry12 = 0,849, pada taraf alpa = 5% dan kontribusi R2 = 0,721 = 72,1 %. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kegiatan pembelajaran matematika.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox