Abstrak
Penelitian ini mempuayai tujuan operasional untuk mengetahui hubungan antara kemampuan persepsi visual dan kemampuan menulis permulaan dengan. prestasi belajar bahasa Indonesia Penelitian ini dilaksanakan dengan didasari oleh adanya sejumlah kajian tentang teori-teori persepsi visual, menulis permulaan, teori tentang bahasa secara umum dan teori tentamg prestasi belajar.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres I, II, III dart IV desa Pondok Cabe Ilir, Kecamatan Pamulang, Tangerang pada tahun pelajaran 1998/ 1999. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik korelasional. Jumlah sampel sebanyak 40 siswa yang diambil secara random dengan pengelompokkan dari populasi berjumlah 270 siswa.
Instrumen yang diguanakan terdiri dari Tes Kemampuan Persepsi Visual, test Kemampuan Menulis Permulaan dan test Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Ketiga instrumen ini telah diuji validitasnya dengan menggunakan prosedur seleksi item, dan diuji realibilitasnya melalui pendekatan konsisten internal menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa: Tes Kemampuan Persepsi Visual mempunyai r1 = 0.739, Tes Kemampuan Menulis Permulaan mempunyai rkk = 0.758, dan Tes Prestasi Belajar Bahasa Indonesia mempunyai ryk = 0.896.
Teknik analisis data dilaksanakan dengan analisis regresi sederhana dan regresi ganda, serta korelasi sederhana dan korelasi ganda. Kesemuanya ini didahului uji normalitas data dengan menggunakan teknik Lillie For.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pertama, terdapat hubungan positif antara kemampuan persepsi visual dengan prestasi belajar bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi 0,6613. Kedua, terdapat hubungan positif antara kemampuan menulis permulaan dengan prestasi belajar bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi 0,83450. Dan ketiga, terdapat hubungan positif antara kemampuan persepsi visual dan kemampuan menulis permulaan secara bersama-sama dengan prestasi belajar bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi sebesar 0,8547.
Dari temuan tersebut, dapat dikatakan bahwa prestasi belajar bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui peningkatan kemampuan persepsi visual dan kemampuan menulis permulaan. Akhirnya, hasil penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan pembinaan pendidikan, khususnya di sekolah dasar.