Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai manajemen pemeliharaan sarana pendidikan soft loan Austria di SMK Negeri 2 Cirebon, serta bagaimana dampak manajemen perneliharaan tersebut terhadap peningkatan produktivitas pendidikan di SMK Negeri 2 Cirebon.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naturalistik, (karena penelitian ini bermaksud "memotret" keadaan dari keseluruhan proses yang terjadi dalam aktivitas manajemen pemeliharaan sarana pendidikan soft loan Austria di SMK Negeri 2 Cirebon.
Sarana pendidikan soft loan Austria adalah sarana praktik yang diberikan ke sekolah-sekolah kejuruan rumpun pariwisata program studi tata boga tahun 1997/ 1998. Sarana ini merupakan sarana pemberian pemerintah yang bekerjasama dengan pemerintah Austria melalui Proyek Peningkatan Sarana Sekolah (PSSK). Adapun penanggung jawab dan pelaksana proyek ini adalah Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.
SMK Negeri 2 Cirebon merupakan salah satu sekolah penerima sarana pendidikan tersebut. Konsekuensinya, sekolah ini harus mampu memanfaatkan dan memeliharanya secara optimal untuk mewujudkan tujuan pendidikan sekolah kejuruan pariwisata, yaitu menghasilkan tamatan yang siap kerja dengan memiliki ilmu dan keterampilan yang berkualitas, professional, dan mandiri dalam bidang pariwisata.
Dalam memanfaatkan dan memelihara peralatan soft loan Austria ini diperlukan manajemen pemeliharaan yang baik agar dalam pelaksanaannya dapat dilakukan secara teratur, terkoordinir, dan sistematis.