OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00036
Judul : Manajemen pendidikan pembaharuan pembelajaran di SMU unggulan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang
Pengarang : Muhaimin
Penerbit dan Distribusi : MAP
Subjek : PENDIDIKAN-MANAJEMEN
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00036 T092-00036 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 38254
 Abstrak
Pembaharuan Pendidikan Nasidnal yang telah dirintis sejak Pelita 1 hingga saat ini hasilnya belum efektif. Usaha peningkatan mutu guru yang dilakukan selama ini juga belum berhasil memperbaiki kualitas proses pembelajaran. Indikator semuanya itu dapat diperhatikan dari hasil evaluasi nasional atau EBTANAS yang dari tahun ke tahun hasilnya belum memuaskan. Ditengah-tengah kegagalan pembaharuan pendidikan nasional, SMU Unggulan Pondok Darul Ulum Jombang dalam proses pembaharuan pembelajarannya justru semakin memperlihatkan hasilnya yang semakin baik. Bagaimana manajemen pembaharuan yang dilakukan di SMU Unggulan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang sehingga pembaharuannya berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembaharuan pembelajaran di SMU Unggulan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang dengan fokus kajian pada substansi-substansi pembaharuan pembelajaran dan langkah-langkah proses pembaharuan yang dilaksanakan. Pertanyaan penelitian : 1. Bagaimanakah Implementasi Manajermen Pendidikan dan Pembaharuan proses pembelajaran berkaitan dengan (I) pembaharuan fisik (2) akademik (3) non akademik (4) pembaharuan aspek manusia (SDM) 2. Bagaimanakah efektiftas pembaharuan yang dapat mempengaruhi prestasi akademik dan prestasi non akademik peserta didik ? Penelitian di disain secara kuantitatif dengan pendekatan fenomenologis. Janis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, studi dokumen, dan pengamatan/ Analisis data dilakukan melalui analisis domain dan taksonomi dengan teknik deskriptif, reflektif dan induktif. Hasil penelitian mernperlihatkan bahwa keberhasilan pembaharuan di SMU Unggulan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang oleh karena manajemen pembaharuan pembelajaran adalah berikut ini : (1) pola pembaharuan bersifat simultan, menyeluruh, sistemik, dan bertahap bekelanjutan (2) pembaharuan bersifat swakelola dengan pola manajemen berbasis sekolah, (3) secara substansial pembaharuan pembelajaran meliputi aspek manusia, aspek instrumental, aspek environmental, dan aspek pembelajaran (4) dari segi proses, pembaharuan pembelajaran dilakukan melalui fase perencanaan, implementasi, evaluasi-modifikasi dan institusional, (5) pembaharuan pembelajaran dalam jangka pendek diarahkan untuk optimalisasi pencapaian tujuan belajar anak dan dalam jangka panjang tentu mencetak kader bangsa yang memiliki keseimbangan yang mantap antara iman dan Taqwa (lmtaq) Ilmu Pengetahuan Teknologi (iPTEK) dan Akhlaqul Karimah yang diarahkan untuk pencapaian visi SMU Unggulan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang ke depan. Kesimpulan: Berdasarkan hasil studi lapangan baik dengan pengamatan, wawancara dan data-data yang diperoleh penulis, dapat disimpulkan bahwa implementasi dan pembaharuan pembelajaran yang dilakukan di SMU Unggulan diyakini dapat membawa pengaruh secara efektif pada prestasi peserta didik.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox