OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00024
Judul : Efektivitas dan efisiensi penggunaan Dana Operasional dan Perawatan Sekolah Dasar (DOP-SD) dalam menunjang proses belajar mengajar : studi kasus di Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan
Pengarang : Titi Suartini
Penerbit dan Distribusi : MAP
Subjek : PENDIDIKAN-SEKOLAH DASAR
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00024 T092-00024 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 38244
 Abstrak
Dana merupakan salah satu unsur penggerak tercapainya suatu upaya peningkatan hasil dan proses dalam dunia pendidikan, dan rendahnya anggaran pendidikan merupakan salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan. Hal ini dikarenakan dana adalah suatu alat yang mampu dan sangat diperlukan dalam penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang dapat membantu meningkatkan hasil dan proses belajar mengajar, khususnya pendidikan dunia persekolahan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan Dana Operasional dan Perawatan Sekolah Dasar (DOP-SD) pada beberapa Sekolah Dasar yang ada di wilayah Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan, sampai sejauh mana unsur-unsur : 1) Produksi, 2) Efisiensi, 3) Daya Suai, 4) Kepuasan, dan 5) Pengembangan yang dapat dicapai. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survey melalui observasi, wawancara terhadap Kepala Sekolah dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Kuningan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berkenaan dengan efektivitas dan efisiensi penggunaan Dana Operasional dan Perawatan Sekolah Dasar (DOP-SD) ada masah-masalah yang dihadapi, diantaranya : a) Belum memadainya anggaran dana yang dialokasikan untuk Dana Operasional dan Perawatan Sekolah Dasar (DOP-SD) dibanding dengan jumlah kebutuhan sekolah yang sebenarnya, b) Pengaruh kurang memadainya Dana Operasional dan Perawatan Sekolah Dasar (DOP-SD) telah mengakibatkan tidak terpenuhinya sarana dan prasarana, c) Tingkat efektivitas penggunaan tidak tercapai, dan d) Kecil volume Dana Operasional dan Perawatan Sekolah Dasar (DOP-SD). Dari hasil analisa penelitian menunjukkan bahwa efektivitas dan efisiensi penggunaan Dana Operasional dan Perawatan Sekolah Dasar (DOP-SD) yang dilakukan tidak menunjukkan signifikan terhadap kelancaran proses belajar mengajar, khususnya pada aspek peningkatan hasil dan proses pendidikan. Berdasarkan masalah-masalah tersebut di atas, dapat dikemukakan rekomendasi sebagai berikut ; 1) Kemampuan manajemen penggunaan Dana Operasional dan Perawatan Sekolah Dasar (DOP-SD) tidak terlepas dari perfomance dan integritas kepemimpinan di lingkungan internal dan eksternal pemerintah, khususnya Dinas Pendidikan yang paling bertanggng jawab mengurusi masalah tersebut, 2) Perlu diadakan penelitian secara khusus untuk menggali sumber keuangan lain, sehingga tidak selalu tergantung pada bantuan pemerintah.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox