OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00006
Judul : Kontribusi pengetahuan psikologi pendidikan dan sikap berkomunikasi terhadap pelaksanaan manajemen kelas oleh guru-guru pndok pesantren Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari Jambi
Pengarang : Sofwan
Penerbit dan Distribusi : MAP
Subjek : PENDIDIKAN
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00006 T092-00006 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 38216
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan psikologi pendidikan dan sikap berkomunikasi dengan manajemen kelas yang dilalukan oleh guru_ Penelitian ini mengajukan tiga hipotesis. Pertani, terdapat hubungan positif yang berarti antara pengetahuan psikologi pendidikan dengan pelaksanaan manajemen kelas. Kedua, terdapat hubungan positif yang berarti antara sikap berkomunikasi dengan pelaksanaan manajemen kelas. Ketiga terdapat hubungan positif yang berarti antara pengetahuan psikologi pendidikan dan sikap berkomunikasi secara bersama-sama dengan pelaksanaan manajemen kelas yang di lakukan oleh guru. Populasi penelitian ini adalah guru-guru Pondok Pesantren yang ada di Kecamatan Muara Bulian Batanghari Jambi yang berjumlah 64 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner model Skala Likert melalui teknik analisis Alpha Cronbach dan tes melalui tehnik analisis Kruder Richardson (KR 20) hasil analisis keterhandalan instrumen menunjukan bahwa instrumen untuk variabel : 1) pengetahuan psikologi pendidikan ( X1) rtt = 0,93 (handal), 2) sikap berkomunikasi (X2) ru = 0,89 (handal) dan 3) pelaksanaan manajemen kelas (Y) rtt = 0,91 (handal). Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi dan teknik regresi. Hasil analisis data dengan korelasi menunjukan bahwa ryi O,45 dan rryi 0,20 dengan demikian kontribusi yang diberikan variabel pengetahuan psikologi pendidikan (XI) terhadap pelaksanaan manajemen kelas (Y) sebesar 0,20 x 100 % = 20 %, sedangkan ryz = 0,38 dan r2 = 0,14 dengan demikian kontribusi yang diberikan variabel sikap berkomunikasi (X2) terhadap pelaksanaan manajemen kelas (Y) sebesar 0,14 x 100 % = 14 %. Melalui analisa regresi ganda diperoleh basil R5.12 = 0,57 dan R2 = 0,32 dengan demikian pengetahuan psikologi pendidikan (Xi) dan sikap berkomunikasi (X2) secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan manajemen kelas yang dilakukan oleh guru (Y) sebesar 0,32 x 100 % = 32%. Sesuai hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keberhasilan pelaksanaan manajemen kelas di Pondok Pesantren yang ada di kecamatan Muara Bulian dapat di prediksi oleh pengetahuan psikologi pendidikan dan aikap berkomunilkasi, baik secara sendiri-sendiri atau secara bersama-sama.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox