Abstrak
Proses perkuliahan tidak sedikit mahasiswa yang merasa cemas saat berbicara di depan umum. Kecemasan dapat terjadi karena individu tidak yakin dengan kemampuan yang dimilikinya. Keyakinan akan kemampuan tersebut dinamakan dengan efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap kecemasan berbicara pada mahasiswa. Responden dalam penelitian ini berjumlah 201 mahasiswa aktif yang berkuliah di DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisa regresi menggunakan SPSS versi 26. Skala yang digunakan untuk mengukur efikasi diri adalah General Self Efficacy Scale (GSES) yang dimodifikasi oleh Schwarzer & Jerusalem dengan 10 item pernyataan. Untuk skala kecemasan berbicara menggunakan Personal Report of Communication Apprehension-24 Item version (PRCA-24) yang sudah dikembangkan oleh McCroskey. Berdasarkan hasil analisa regresi ditemukan kontribusi efikasi diri sebesar 7.2% terhadap kecemasan berbicara pada mahasiswa dengan nilai koefisien F 24.556 dan probability value 0.000 (p<0.001) yang artinya ada pengaruh antara kedua variabel yang diteliti. Dilihat dari nilai koefisien β -1.219 dengan nilai probabilitas 0.000 (p<0.001), efikasi diri memberikan efek negatif signifikan terhadap kecemasan berbicara.