Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran academic stress dan hardiness terhadap future time perspective pada mahasiswa UHAMKA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 437 orang. Kriteria responden yaitu mahasiswa aktif UHAMKA dengan jenjang pendidikan S1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner berupa google form dengan skala likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji hirarki regresi dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 25. Penelitian ini memiliki tiga alat ukur yaitu Academic Stress Inventory (ASI) milik Lin & Chen (2009) untuk mengukur variabel academic stress, terdiri dari 30 item dengan 𝛼 0,944 Kemudian Dispositional Resilience Scale (DRS-15) yang dikembangkan oleh Hystad, dkk (2010) untuk mengukur variabel hardiness, terdiri dari 11 item dengan 𝛼 0,784. Selanjutnya Future Time Perspective Scale (FTPS) yang dikembangkan oleh Husman & Shell (2008) untuk mengukur variabel future time perspective termasuk alat ukur multidimensi, terdiri dari 4 dimensi dengan 25 item 𝛼 0,799. Hasil penelitian menunjukkan bahwa academic stress memiliki peran negatif terhadap future time perspective, Lalu adanya hardiness memiliki peran positif terhadap future time perspective. Kemudian adanya peran academic stress dan hardiness terhadap future time perspective. Peneliti selanjutnya dapat mereplikasi penelitian ini dengan permasalahan dan populasi yang berbeda. Implikasi penelitian ini yaitu hardiness dapat mengurangi academic stress dan individu dapat merancang future time perspective dengan baik