Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh potongan harga terhadap perilaku pembelian impulsif pada generasi z pengguna aplikasi shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan analisis sederhana regresi menggunakan IBM SPSS versi 24. Responden dalam penelitian ini berjumlah 212 orang dengan 79 laki-laki dan 133 perempuan. Adapun kriteria berusia 17 ? 28 tahun, penggunan shopee, dan pernah mendapatkan potongan harga di shopee. Alat ukur yang digunakan untuk potongan harga yaitu Casual Dimension Scale dengan dimensi locus of casuality sedangkan untuk mengukur pembelian impulsif menggunakan impulse buying tendency dengan dimensi afektif dan kognitif. Penelitian ini menggunakan skala likert dengan pilihan sangat tidak setuju ? sangat setuju. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh potongan harga terhadap perilaku pembelian impulsif pada generasi z pengguna aplikasi shopee dengan kontribusi variabel potongan harga terhadap pembelian impulsif sebesar 31,8% dan menujukkan bahwa adanya pengaruh positif signifikan antara potongan harga terhadap perilaku pembelian impulsif, oleh karena itu hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa null (H 0) ditolak. Potongan harga diketahui memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif. Hal ini dapat dikatakan semakin tinggi potongan harga yang ditawarkan maka akan semakin tinggi perilaku pembelian impulsif nya, apabila semakin rendah potongan harga yang ditawarkan maka akan semakin rendah perilaku pembelian impulsif yang dimiliki seseorang.