Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh potongan harga terhadap
perilaku pembelian impulsif pada generasi z pengguna aplikasi shopee. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan analisis
sederhana regresi menggunakan IBM SPSS versi 24. Responden dalam penelitian
ini berjumlah 212 orang dengan 79 laki-laki dan 133 perempuan. Adapun kriteria
berusia 17 ? 28 tahun, penggunan shopee, dan pernah mendapatkan potongan harga
di shopee. Alat ukur yang digunakan untuk potongan harga yaitu Casual Dimension
Scale dengan dimensi locus of casuality sedangkan untuk mengukur pembelian
impulsif menggunakan impulse buying tendency dengan dimensi afektif dan
kognitif. Penelitian ini menggunakan skala likert dengan pilihan sangat tidak setuju
? sangat setuju. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh potongan harga
terhadap perilaku pembelian impulsif pada generasi z pengguna aplikasi shopee
dengan kontribusi variabel potongan harga terhadap pembelian impulsif sebesar
31,8% dan menujukkan bahwa adanya pengaruh positif signifikan antara potongan
harga terhadap perilaku pembelian impulsif, oleh karena itu hipotesa alternatif (Ha)
diterima dan hipotesa null (H 0) ditolak. Potongan harga diketahui memiliki
pengaruh positif terhadap pembelian impulsif. Hal ini dapat dikatakan semakin
tinggi potongan harga yang ditawarkan maka akan semakin tinggi perilaku
pembelian impulsif nya, apabila semakin rendah potongan harga yang ditawarkan
maka akan semakin rendah perilaku pembelian impulsif yang dimiliki seseorang.