Abstrak
Indonesia dikenal sebagai target pasar smartphone yang dipasarkan secara
internasional. Dinamika persaingan di setiap perusahaan mulai terlihat dari
berbagai cara. Saat ini banyak perusahaan yang semakin memahami arti penting
membentuk kepercayaan pada konsumen dalam menjalankan strategi guna
memberikan kepuasan bagi konsumennya, sehingga akan terbentuknya loyalitas
terhadap perusahaan. CV Neo Primerindo sebuah perusahaan bergerak di bidang
elektronik yang memiliki lebih dari seribu pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui hubungan kepercayaan dan loyalitas terhadap konsumen pengguna
iPhone. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 233 pelanggan di CV Neo
Primerindo. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu Customer Trust
Scale (CTS) yang mengukur mengenai kepercayaan konsumen dengan nilai alpha
Cronbach sebesar 0.920 dan Customer Loyalty (CL) digunakan untuk mengukur
loyalitas konsumen memiliki nilai alpha Cronbach sebesar 0.968. Penelitian ini
menggunakan metode analisa korelasi dengan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan
hasil analisa korelasi yang dilakukan antara kepercayaan konsumen dengan
loyalitas konsumen didapatkan nilai signifikan sebesar 0.000 (p<0.05) artinya Ha
diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara
kepercayaan konsumen terhadap loyalitas konsumen.