Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara berpikir positif dan
dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang sedang
menyelesaikan skripsi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode analisis multiple-regresi dibantu dengan SPSS versi 23.0. Sampel
penelitian adalah mahasiswa akhir Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka di
Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berpikir positif yang
mengacu pada dimensi Albrecht, Multidimensional Scale of Perceived social
support, dan Scales of Psycholigical Well-being. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan berpikir positif dan dukungan sosial memberikan kontribusi
sebesar 47,3% terhadap kesejahteraan psikologis (R= 0,688 dan R2= 0,473) dengan
probability value sebesar 0,000 (p<0,001). Koefisien β unstandardize berpikir
positif sebesar 0, 439 dan koefisien β unstandardize dukungan sosial sebesar 0, ,356
dengan probability values 0,000 (p<0,001). Hal ini menunjukkan bahwa peneliti
menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis null (H0) yang artinya
terdapat pengaruh yang positif siginifikan antara berpikir positif dan dukungan
sosial terhadap kesejahteraan psikologis, dimana semakin tinggi tingkat
kemampuan berpikir positif dan dukungan sosial, maka semakin tinggi tingkat
kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi.
Maka diharapkan mahasiswa dapat mengelola kemampuan berpikir positif dan
dukungan sosial dari lingkungan sekitar sebagai upaya untuk meningkatkan dan
mempertahankan tingkat kesejahteraan psikologis.