Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara berpikir positif dan dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis multiple-regresi dibantu dengan SPSS versi 23.0. Sampel penelitian adalah mahasiswa akhir Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka di Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berpikir positif yang mengacu pada dimensi Albrecht, Multidimensional Scale of Perceived social support, dan Scales of Psycholigical Well-being. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir positif dan dukungan sosial memberikan kontribusi sebesar 47,3% terhadap kesejahteraan psikologis (R= 0,688 dan R2= 0,473) dengan probability value sebesar 0,000 (p<0,001). Koefisien β unstandardize berpikir positif sebesar 0, 439 dan koefisien β unstandardize dukungan sosial sebesar 0, ,356 dengan probability values 0,000 (p<0,001). Hal ini menunjukkan bahwa peneliti menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis null (H0) yang artinya terdapat pengaruh yang positif siginifikan antara berpikir positif dan dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis, dimana semakin tinggi tingkat kemampuan berpikir positif dan dukungan sosial, maka semakin tinggi tingkat kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Maka diharapkan mahasiswa dapat mengelola kemampuan berpikir positif dan dukungan sosial dari lingkungan sekitar sebagai upaya untuk meningkatkan dan mempertahankan tingkat kesejahteraan psikologis.