Abstrak
Perusahaan secara keseluruhan menginginkan peningkatan pendapatan atau laba.
Peningkatan laba dapat terjadi karena dampak dari loyalitas merek. Loyalitas
merek telah diteliti dapat muncul karena perilaku pembelian ramah lingkungan.
Perilaku pembelian ramah lingkungan muncul karena desakan isu masalah
lingkungan di berbagai dunia dan program bisnis global dalam membuat
kebijakan untuk perusahaan memproduksi produk ramah lingkungan tidak
terkecuali di Indonesia. Hal ini turut mendorong banyak perusahaan memproduksi
produk ramah lingkungan, sehingga hal ini meningkatkan persaingan antar
perusahaan. Persaingan tidak dapat dihindari dalam dunia bisnis, dan merupakan
tantangan meraih loyalitas merek. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah
terdapat pengaruh perilaku pembelian ramah lingkungan terhadap loyalitas merek
pada pengguna love, beauty and planet di tengah tingginya persaingan antar
perusahaan yang memproduksi produk ramah lingkungan. Penelitian ini
melibatkan 164 konsumen yang menggunakan produk love, beauty and planet.
Hasil analisa regresi pada penelitian ini menunjukan perilaku pembelian ramah
lingkungan berkontribusi terhadap terbentuknya loyalitas merek sebesar 28,2%
dengan taraf signifikan P ≤ 0.001. Artinya perilaku pembelian ramah lingkungan
memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap terbentuknya loyalitas merek.
Penelitian ini juga menunjukkan perempuan mendominasi untuk menjadi
konsumen yang ramah lingkungan dan terdapat respon positif terhadap harga yang
tinggi dari produk ramah lingkungan sebagai bentuk tanggungjawab lingkungan
cerminan dari perilaku pembelian ramah lingkungan. Perusahaan juga disarankan
untuk menjalankan strategi pemasaran ramah lingkungan untuk mempertahankan
dan menarik konsumen dengan melibatkan mereka dalam kegiatan-kegiatan yang
mendukung kelestarian lingkungan.