Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menunjukkan bahwasannya penggunaan media powerpoint ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa di era digital seperti saat ini. Jenis penelitian serta desain penelitian dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode korelasi melalui pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA dan XI IPS di MA AL-Khairiyah dengan total keseluruhan sebanyak 69 siswa. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini ada 2 teknik, yaitu dokumentasi dan Angket atau kuesioner sebanyak 69 responden. Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi dengan hasil nilai korelasi sebesar 0,331 yang artinya bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media power point terhadap minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran SKI di MA Al-Khairiyah yaitu sebesar 33,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Berdasarkan nilai signifikansinya untuk pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 0.000 < 0,05 dengan nilai t hitung 5,717 > t tabel 1,667 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan media power point (X) terhadap minat belajar siswa (Y).