Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pai dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pengasuhan single parent di SMA negeri 8 tangerang selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif engan analisis deskriptif yang mana peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara yaitu dengan mengajukan pertanyaan kepada informan terkait peran guru pai dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pengasuhan single parent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cara guru pendidikan agama islam dalam memberikan perhatian khusus terhadap siswa yaitu dengan mengetahui ciri-ciri siswa yang membutuhkan perhatian khusus yaitu dengan memerhatikan konsentrasi siswa pada saat pembelajaran sedang berlangsung, siswa mengalami penurunan nilai secara dtrastis, siswa tidak percaya diri, sering bolos, dan cara guru memberi perhatian khusus terhadap siswa yaitu dengan mengenali tempramen siswa, melakukan komunikasi 2 arah, ini bisa diterapkan pada saat selesai kelompok presentasi yaitu dengan tanya-jawab. Untuk meningkatkan konsentrasi saat belajar dengan bermain game untuk mendapatkan konsentrasi sebelum belajar. Serta faktor yang mempengaruhi meningkatnya prestasi belajar siswa yaitu guru menggunakan model pembelajaran ceramah, presentasi kepada masing-masing kelompok dan diakhir pembelajaran adanya evaluasi pembelajaran. Dengan begitu guru pendidikan agama Islam sudah mengimplementasikan perannya sebagai seorang guru terhadap siswa dalam pengasuhan single parent.