Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kalam insya thalabi amr yang terdapat dalam Kitab Tanqih Al-Qaul Al-Hatsits. Fokus pembahasan pada penilitian ini adalah untuk mengetahui makna-makna kalam insya thalabi amr dalam Kitab Tanqih Al-Qaul Al-Hatsits. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode deskritif kualitatif dengan pendekatan analisis konten ( analisis isi ). Analisis dalam penelitian menggunakan table untuk menjelaskan hasil dari penelitian secara rinci. Terdapat makna amr yang keluar dari makna asli, diantaranya makna amr jenis Irsyad, makna amr jenis Iltimas, makna amr jenis Takhqir, makna amr jenis Tahdid, makna amr jenis Ta?jiz, makna amr jenis Raja?
Berdasarkan analisis data pada penelitian ini, didapati bahwa terdapat 49 makna amr yang keluar dari makna asli, diantaranya makna amr jenis Irsyad 16, makna amr jenis Iltimas 10, makna amr jenis Takhqir 1, makna amr jenis Tahdid 19, makna amr jenis Ta?jiz 1, makna amr jenis Raja? 2. Adapun peneliti menemukan fi?il mudhori yang didahului dengan lam amr terdapat di halaman, 53, 87, 87, 104, 118, 126. Sedangkan masdar dan isim fi?il amr peneliti tidak menemukan didalam kitab tersebut.
Dan peneliti menemukan penyimpangan makna amr dari makna yang hakiki ( sebenarnya ) kepada makna majazi ( kiasan ). Kemudian penerapan strategi pembelajaran balaghoh, mengenai Kalam insya' tholabi Amr secara operasional dikelompokkan menjadi dua komponen dasar komponen yang pertama komponen dasar , ialah komponen manusia yang menjadi pendidik dan peserta didik serta komponen non manusia yang meliputi tujuan pembelajaran, materi, metode pembelajaran serta media pembelajaran dimana komponen tersebut tertuang di dalam perencanaan pembelajaran balaghoh sehingga menjadi tolak ukur penilaian dan evaluasi hasil pembelajaran balaghoh yang terdapat di dalam kitab tanqih Al - hatsits.