Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa kelas VIII. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dari penelitian ini ialah 5 guru dan 30 orang siswa kelas VIII MTsN 42 Jakarta. Hasil penelitian strategi guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MTsN 42 Jakarta sebagai berikut: Guru PAI menggunakan power strategi persuasive strategi normative re-eduction, strategi tersebut menggunakan metode hiwar kisah amtsal keteladanan ibrah atau mau?idzah targhib dan tarhib nasehat serta pembiasaan melalui kegiatan keagamaan sepertii tadarus pagi, sholat dhuha, membaca zikir pagi sholat zuhur infaq harian dan sebagainnya, dan implementasi strategi guru PAI memenuhi lima dimensi keberagamaan yaitu keyakinan rituall pengalaman, pengamalan, intelektual dan juga nilai yang berhubungan dengan pembentukan karakter religius antara lain nilai ilahiyah dan insaniyah.