Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Talking Stick Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas VI MIN 1 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara bahasa Arab siswa sebelum dan sesudah menggunakan media talking Stick dalam pembelajarannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen yang dimana peneliti mengambil 2 kelas sebagai sampel, 1 kelas sebagai kelas control dan 1 kelas lagi sebagai kelas ekperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa 5 soal pretest dan 5 soal post-test. Untuk membuktikan dan menganalisis Instrumen penelitian, maka digunakan Uji Validitas, Reliabilitas. Uji Hipotesis yang digunakan adalah Uji t-test. Hasil pengujian menunjukan bahwa media talking Stick terbukti efektif terhadap hasil belajar bahasa arab kelas VI MIN 1 Makassar. Hasil pengujiantersebut diperoleh dari signifikansi (2-tailed) = 0,007 sedangkan α = 0,05 sehingga signifikan (2- tailed) < α yang artinya H0 dan H1 diterima. Berdasarkan data yang diperoleh peningkatan nilai rata-rata pretest dan postest kelas Eksperimen menggunakan media talking Stick sebesar 77,14 lebih tinggi dari pada kelas kontrol sebesar 71,71. Hal tersebut membuktikan media talking Stick Efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VI MIN 1 Makassar.