Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Talking
Stick Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas
VI MIN 1 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan
berbicara bahasa Arab siswa sebelum dan sesudah menggunakan media talking
Stick dalam pembelajarannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif eksperimen yang dimana peneliti mengambil 2 kelas sebagai sampel, 1
kelas sebagai kelas control dan 1 kelas lagi sebagai kelas ekperimen. Instrument
yang digunakan dalam penelitian ini berupa 5 soal pretest dan 5 soal post-test.
Untuk membuktikan dan menganalisis Instrumen penelitian, maka digunakan Uji
Validitas, Reliabilitas. Uji Hipotesis yang digunakan adalah Uji t-test. Hasil
pengujian menunjukan bahwa media talking Stick terbukti efektif terhadap hasil
belajar bahasa arab kelas VI MIN 1 Makassar. Hasil pengujiantersebut diperoleh
dari signifikansi (2-tailed) = 0,007 sedangkan α = 0,05 sehingga signifikan (2-
tailed) < α yang artinya H0 dan H1 diterima. Berdasarkan data yang diperoleh
peningkatan nilai rata-rata pretest dan postest kelas Eksperimen
menggunakan media talking Stick sebesar 77,14 lebih tinggi dari pada kelas kontrol
sebesar 71,71. Hal tersebut membuktikan media talking Stick Efektif terhadap hasil
belajar siswa kelas VI MIN 1 Makassar.