Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas Metode Imla? Istima?I dalam meningkatkan keterampilan menulis kosakata Bahasa arab pada siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama kelas VIII di SMP Muhammadiyah 35 Jakarta .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis bahasa Arab siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Imla? dalam pembelajarannya.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen yang dimana peneliti mengambil 2 kelas sebagai sampel, 1 kelas sebagai kelas kontrol dan 1 kelas lagi sebagai kelas ekperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa 20 soal pretest dan 20 soal post-test. Untuk membuktikan dan menganalisis Instrumen penelitian, maka digunakan Uji Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Soal, dan Daya Pembeda. Uji Hipotesis yang digunakan adalah Uji t-test dan Uji N-gain untuk menentukan tingkat efektivitas.
Hasil pengujian menunjukan bahwa metode Imla terbukti efektif terhadap hasil belajar bahasa arab kelas VIII SMP Muhammadiyah 35 Jakarta. Hasil pengujian tersebut diperoleh dari signifikansi (2-tailed) = 0,003 sedangkan α = 0,05 sehingga signifikan (2-tailed) < α yang artinya H0 dan H1 diterima. Berdasarkan data yang diperoleh peningkatan nilai rata-rata pretset dan postest kelas Eksperimen menggunakan metode Imla sebesar 79,78 lebih tinggi dari pada kelas kontrol sebesar 73,26. Hal tersebut membuktikan metode Imka Efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 35 Jakarta.