Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan metode pembelajaran aktif dalam pembelajaran Qiro'ah Jahriyah untuk meningkatkan hafalan mufrodat siswa kelas VII di sekolah MTs Mardhotillah Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. menggunakan teknik eksperimen. menggunakan desain non-equivalent control group design; peneliti membagi kelas menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data yang didapatkan dengan menggunakan uji paired samples t-test memperoleh dan uji independent sample test. Lalu, hasil yang diperoleh dari uji paired sample t -test yaitu nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05. Lalu hasil yang didapatkan dari uji independent sample tes ialah diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) lebih rendah daripada taraf signifikansi yaitu 0,003 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran qiro?ah jahriyah dapat meningkatkan hafalan mufrodat siswa kelas VII MTs Mardhotillah Jakarta