Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pop up book berbahasa Arab efektif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV MI Al-Ihsan Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik eksperimen control group design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa MI Al Ihsan dan jumlah sampel sebanyak 60 siswa dari dua kelas yaitu kelas IV A dan IV B . Tahapan penelitian diawali dengan pemberian pretest kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dilakukan sebuah perlakuan khusus berupa penggunaan media pop up book berbahasa Arab kepada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan media pembelajran tersebut, selanjutnya pemberian posttest kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilanjutnya dengan proses analisis data dan penarikan kesimpulan. Hipotesis diuji dengan uji paired samples t-test. hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media pop up book dalam pembelajaran bahasa Arab berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV MI Al Ihsan Jakarta.