Abstrak
YouTube adalah media yang banyak digunakan di kalangan remaja. Remaja memiliki karakteristik cenderung insecure yang tinggi, kemudian di YouTube terdapat konten dengan target remaja yaitu SAR dengan judul ubah dirimu, ubah masa depanmu. Konten ini memiliki banyak ditonton dibandingankan dengan konten lainnya. Melalui YouTube inilah para remaja memanfaatkan guna mencari pesan-pesan motivasi.
Ditinjau dari YouTube sebagai media yang banyak populer, kemudian ada konten SAR yang targetnya adalah remaja serta kontennya terkait dengan pesan-pesan motivasi dan pentingnya motivasi bagi hidup orang maka hal tersebut membuat peneliti tertarik ingin mengetahui pesan-pesan motivasi SAR pada konten dengan judul ubah dirimu, ubah masa depanmu terhadap rasa percaya diri subscribers di kalangan mahasiswa FISIP UHAMKA.
Penelitian ini bertujuan menjawab mengetahui apakah ada pengaruh kualitas motivasi konsep diri Sherly Annavita Rahmi di Youtube terhadap rasa percaya diri subscribers di kalangan mahasiswa FISIP UHAMKA. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif eksplanatif. Metode yang digunakan adalah survei menggunakan 92 sampel dari populasi mahasiswa aktif FISIP UHAMKA. Teori yang digunakan yaitu motivasi maslow.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji korelasi variabel X terhadap variabel Y sebesar 0,817 memiliki hubungan sangat kuat. Nilai sig 0,000 < 0,05 yang artinya signifikan, Ha (Hipotesis Alternatif) diterima dan H0 (Hipotesis Nol/Nihil) ditolak, sehingga dapat disimpukan bahwa kualitas motivasi mempengaruhi rasa percaya diri mahasiswa. Hasil koefisien determinasi didapatkan hasil adanya pengaruh variabel X (kualitas motivasi konsep diri SAR di Youtube) terhadap variabel Y (rasa percaya diri) sebesar 79,5%.