Abstrak
Strategi komunikasi Humas adalah rencana terencana untuk menyampaikan pesan secara efektif kepada publik atau stakeholder tertentu dengan tujuan membangun dan memelihara citra positif.Maka dari itu, strategi komunikasi humas yang sesuai dengan target dan dapat menarik atensi dari masyarakat sangatlah diperlukan. Dinsos merupakan instansi pemerintah yang berfokus kepada masalah sosial yang ada di DKI Jakarta dan sebagai instansi pemerintah bertanggung jawab penuh kepada maayarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana strategi komunikasi humas Dinsos DKI Jakarta dalam upaya pemulihan citra (studi kasus pada keterlambatan pencairan bansos tahun 2023). Penelitian ini menggunakan Teori Contititutive Communication of Organization (CCO). Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peneltian deskriptif serta metode penelitian studi kasus, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Humas Dinsos DKI Jakarta menerapkan strategi komunikasi yang mencakup penggunaan media massa dan sosial dalam menyampaikan pesan edukatif dan di dukung dengan kolaborasi dengan pihak-pihak lain guna untuk memperluas jaringan informasi yang mengarah pada pemulihan citra yang positif melalui peningkatan pemahaman masyarakat terhadap program bansos. Penggunaan strategi komunikasi Humas ini adalah untuk menciptakan pemahaman yang lebih baik di antara masyarakat tentang Dinsos DKI Jakarta, membangun hubungan positif, dan merespons terhadap isu-isu negatif tentang keterlambatan bansos. Dengan demikian, strategi komunikasi Humas tersebut diharapkan dapat membentuk persepsi yang positif dan memperkuat hubungan antara Dinsos DKI Jakarta dan masyarakat.