Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh spinning wheel terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V SDIT Kaffah Islamic School Jakarta yang beralamat di Jl. Pramuka 16 No.549A, RT.15/RW.6, Paseban, Jakarta Pusat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan spinning wheel dalam proses pembelajaran. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa 15 soal pretest dan post-test. Berdasarkan analisis data mengenai pengaruh spinning wheel terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V SDIT Kaffah Islamic School Jakarta dinyatakan berpengaruh, karena nilai uji hipotesis pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai gain sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Oleh karena itu dapat disimpukan bahwa permainan spinning wheel berpengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V SDIT Kaffah Islamic School Jakarta.