Abstrak
Penelitian ini menggambarkan konsep diri dari pengguna aplikasi tiktok di SMPN 20 Jakarta. Konsep diri merupakan pandangan atau sikap individu terhadap diri sendiri terkait dengan dimensi fisik, karakteristik individual, dan motivasi diri, sedangkan aplikasi tiktok merupakan aplikasi berbasis internet yang di dalamnya mempunyai banyak sekali hal menarik untuk di explore, penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep diri pengguna aplikasi tiktok di kalangan siswa-siswi SMPN 20 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian adalah studi kasus, pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada murid serta guru di SMPN 20 Jakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori interaksi simbolik dan konsep diri dan hasil penelitian menunjukan terkait konsep diri siswa-siswi di SMPN 20 Jakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang berada di kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. sekolah ini merupakan salah satu sekolah umum untuk semua kalangan pelajar di sekitar Kramat Jati, Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan terkait terbentuknya konsep diri terhadap penggunaan aplikasi tiktok pada siswa- dan siswi SMPN 20 Jakarta sehingga disini penulis bisa menilai apakah aplikasi tiktok dapat membuat konsep diri Positif dan negatif terhadap penggunanya. Hasil penelitian sebagian besar murid SMPN 20 Jakarta mempunyai konsep diri yang positif dikarenakan konsumsi tontonan dan penggunaan aplikasi tiktok lebih banyak mengarah terhadap edukasi serta membantu mereka dalam urusan tugas dan pelajaran di sekolah, selain menjadi media hiburan tiktok menjadi media pembelajaran tugas bagi para siswa-siswi di SMPN 20 Jakarta.