Abstrak
Ketertarikan belanja masa kini dipermudah dengan jasa layanan belanja online seperti
salah satu e-commerce yang sedang naik daun dan gencar dengan iklan yaitu Shopee.
Suksesnya Shopee tentu tidak lepas daripada promosinya dengan iklan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan efektivitas Figur Mirip Presiden
Sebagai Endorser Iklan Shopee versi ?Beli Semua Di Shopee? Shopee Shark
Challenge dan Parodi Hadiah Sepeda Jokowi di TV untuk meningkatkan brand
image. Peneliti menggunakan teori dramaturgi dan model VisCAP. Relevansi antara
teori dan model yang dipakai dengan penelitian ialah dalam teori dramaturgi
menjelaskan bahwa manusia adalah aktor yang berusaha untuk menggabungkan
karakteristik personal dan tujuan kepada orang lain sebagaimana menggambarkan
endorser itu sendiri dan model VisCAP yang berhubungan dengan endorser.
Metodologi yang digunakan ialah Studi Kasus yaitu metode penelitian yang
mengharuskan penulis menefiti secara menyeluruh, utuh dan mendalam.
Hasil Penelitian dan kesimpulan yang didapat dari beberapa narasumber dinyatakan
bahwa penggunaan figur mirip presiden dan lagu baby shark ini digunakan untuk
membuat sesuatu yang viral dan riding the moment. Hal ini juga membangun brand
image atau citra merek yang baik di kalangan konsumen. Karena penggunaan
endorser tertentu, Shopee memiliki pandangan yang subjektif dari para konsumen.