Abstrak
Ketertarikan belanja masa kini dipermudah dengan jasa layanan belanja online seperti salah satu e-commerce yang sedang naik daun dan gencar dengan iklan yaitu Shopee. Suksesnya Shopee tentu tidak lepas daripada promosinya dengan iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan efektivitas Figur Mirip Presiden Sebagai Endorser Iklan Shopee versi ?Beli Semua Di Shopee? Shopee Shark Challenge dan Parodi Hadiah Sepeda Jokowi di TV untuk meningkatkan brand image. Peneliti menggunakan teori dramaturgi dan model VisCAP. Relevansi antara teori dan model yang dipakai dengan penelitian ialah dalam teori dramaturgi menjelaskan bahwa manusia adalah aktor yang berusaha untuk menggabungkan karakteristik personal dan tujuan kepada orang lain sebagaimana menggambarkan endorser itu sendiri dan model VisCAP yang berhubungan dengan endorser. Metodologi yang digunakan ialah Studi Kasus yaitu metode penelitian yang mengharuskan penulis menefiti secara menyeluruh, utuh dan mendalam. Hasil Penelitian dan kesimpulan yang didapat dari beberapa narasumber dinyatakan bahwa penggunaan figur mirip presiden dan lagu baby shark ini digunakan untuk membuat sesuatu yang viral dan riding the moment. Hal ini juga membangun brand image atau citra merek yang baik di kalangan konsumen. Karena penggunaan endorser tertentu, Shopee memiliki pandangan yang subjektif dari para konsumen.