Abstrak
Film Nice View merupakan sebuah film drama produksi Shanghai tao piao piao movie & TV Culture dan Shenzen media film & television yang menceritakan mengenai nilai optimisme. Pada film Nice View ini kita dapat mengetahui tentang bagaimana nilai optimisme dan kerja keras dalam kehidupan manusia melalui film. Film memiliki potensial untuk mempengaruhi khalayaknya. Dalam banyak penelitian tentang dampak film terhadap masyarakat, hubungan antara film dan masyarakat selalu di pahami secara linear. Artinya, film selalu mempengaruhi dan membentuk masyarakat berdasarkan muatan pesan (message). Setelah adanya internet terjadi banyak perubahan komunikasi dimasyarakat didalam menggunakan media komunikasi. Perubahan ini berdampak pada produksi siaran bukan lagi menggunakan televisi sebagai media penyiaran tapi saat ini banyak menggunakan social media yang dimana Netflix adalah salah satu kanal platform social media dalam bentuk film. Dalam hal ini adalah film Nice View, di Indonesia disiarkan melaui platform Netflix dan pernah menjadi 9 Film Terlaris didunia bulan Juni 2022. Peneliti tertarik meneliti tentang bagaimana nilai optimisme film Nice View dalam Platform Netflix? Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan Analisis Framing Zhongdang Pan & Gerald Kosicki. Teori-teori ini digunakan untuk menemukan jawaban terhadap nilai optimisme yang terkandung pada Film Nice View dalam Platform Netflix. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif dan metode penelitian Kualitatif. Dengan sampel penelitian 4 Frame dalam Film Nice View. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis data.
Hasil dari Analisis Framing ini menunjukan 4 scene pada film Nice View yang terdapat pesan nilai optimisme di dalamnya, yaitu Harga Diri, Kepercayaan Diri, Dukungan Sosial, Kepercayaan Diri serta Akumulasi Pengalaman