Abstrak
Media sosial menjadi media yang berbasis online yang memiliki kegunaan untuk memudahkan penggunanya untuk saling berbagi, berperan dan juga menciptakan isi dalam jejaring sosial. Banyak sekali aplikasi media sosial yang dapat diakses dengan mudah salah satunya yaitu Instagram. Begitu banyaknya pengguna aplikasi media sosial Instagram yang ada di Indonesia menyebabkan dampak peluang yang sangat signifikan bagi para pelaku bisnis. Seperti yang dilakukan oleh akun @joeraganretro yang memanfaatkan Instagram sebagai media promosi motor custom. Teori yang digunakan adalah Teori New Media, Pierre Levy menyatakan bahwa hadirmya media baru memberikan dua pandangan berupa pandangan interaksi sosial dan pandangan integrasi sosial. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahwa pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi yang dilakukan oleh joeraganretro terlihat dengan adanya promosi yang dilakukan berupa ads Instagram, melakukan testimonial pembeli, melakukan promo dan diskon, mengikuti event event festival motor, memberikan informasi berupa kontak whatsaap, lokasi, dan juga informasi terkait jenis-jenis motor yang dijual. Dalam melakukan promosi tersebut, akun Instagram @joeraganretro menggunakan beberapa fitur-fitur yang ada pada Instagram seperti story atau snapgram, reels, live, hashtag, feeds, highlight, dan iklan ads Instagram. Rekomendasi penelitian untuk selanjutnya bisa menggunakan teori uses and gratification dengan menggunakan penelitian kuantitatif agar dapat mengembangkan pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi.