Abstrak
Penelitian ini merupakan studi analisis isi kualitatif yang bertujuan untuk
memaparkan konsep childfree dalam tayangan YouTube CNN Indonesia, Secret at
Newsroom: Ingar Bingar Childfree. Hal yang menarik perhatian dari penelitian ini
adalah mengungkap sudut pandang childfree dari dua sisi yang berbeda, yakni sisi
pelaku dan ahli sosiologi. Dengan pembahasan yang ringan dan santai, tayangan ini
banyak menarik minat masyarakat terhadap fenomena childfree yang sedang ramai
diperbincangkan.
Peneliti menggunakan paradigma kontruksivisme dan analisis isi kualitatif
sebagai metode untuk melihat bagaimana fenomena childfree terjadi di kalangan
keluarga muda. Teori pendukung yang digunakan adalah teori hirarki isi media
yaitu teori yang mengkaji apa saja dalam mempengaruhi media ketika
memproduksi konten atau berita.
Hasil analisis menunjukan banyak faktor yang melatarbelakangi seseorang
memilih untuk childfree, baik faktor internal maupun eksternal. Peneliti
mengumpulkan potongan-potongan scene dengan menampilkan hasil analisis isi
dan memaparkan diskusi terkait faktor childfree, akibat memilih childfree, hingga
pengaruh pada keluarga muda.
Hal ini peneliti simpulkan bahwa tayangan Childfree dapat mempengaruhi
sudut pandang keluarga karena diskusi yang disampaikan dikatakan sesuai dengan
pola pemikiran mereka.
Secara akademis, peneliti ini memberi kontribusi pada pengembangan Ilmu
Komunikasi, terutama memperkuat teori hirarki isi media. Metodologis penelitian
dapat dijadikan referensi penelitian kualitiatif selanjutnya dengan menggunakan
metode analisis isi kualitatif. Secara praktis, berharap munculnya perkembangan
fenomena ini dalam tayangan YouTube yang lebih beragam. Sosial, dengan
penelitian ini semoga kedepannya masyarakat yang memilih childfree lebih
memahami dan menyadari pro dan kontra dari persoalan yang mereka pilih.