Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru TPA Assyukur dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat pada anak usia dini di TPA Assyukur Jakarta serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan kedisiplinan dalam ibadah shalat pada anak usia dini di TPA Assyukur dilakukan dengan cara memberikan pengenalan terkait shalat itu sendiri, melakukan praktik shalat, dan melakukan pembiasaan shalat guna menjadikan shalat sebagai suatu kebiasaan hingga besar nanti.
Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan kedisiplinan dalam ibadah shalat pada anak usia dini di TPA Assyukur yaitu adanya ruang belajar yang cukup untuk melaksanakan praktik shalat dan shalat berjamaah, media belajar yang cukup untuk membantu meningkatkan pemahaman terkait disiplin shalat anak usia dini, pendekatan yang baik guna memberikan dukungan penuh pada peserta didik, penggunaan metode klasikal sebelum belajar sebagai bentuk pengulangan materi sebelumnya, dan adanya kegiatan lomba-lomba praktik shalat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu karena lingkungan sekitar, handphone, banyaknya bermain diluar sehingga menyebabkan lupa shalat, kurangnya pengawasan orang tua dan guru, shalat subuh yang masih sering kesiangan, dan tidak disiplin mengerjakan shalat akibat belum sadar akan kewajibannya.