Abstrak
Komunikasi branding merupakan komunikasi yang dilakukan oleh organisasi atau lembaga usaha dalam memperkenalkan dan membesarkan sebuah brand nya kepada khalayak yang dituju. Brand bukan hanya sekedar merek, melainkan pula sebuah produk, jasa, dan perusahaan itu sendiri. Panin Daichi Life merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak dibidang asuransi, yang kini telah meluncurkan produk berupa platform e-commerce yang bernama Bekal Hidup. Bekal Hidup sendiri merupakan produk layanan digital e-commerce Panin Dai-chi Life yang menawarkan proteksi jiwa termasuk kesehatan dan kecelakaan. Kurangnya kesadaran dan minat masyarakat khususnya di Indonesia terhadap layanan jasa asuransi menjadi tantangan bagi Panin Dai-chi Life. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk memahami bagaimana komunikasi branding yang dilakukan Panin Dai-chi Life terhadap produk layanan e-commerce Bekal Hidup, dalam hal ini Peneliti membatasinya dalam produk layanan asuransi kehamilan digital bernama Bekal Proteksi Bunda. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif, metode studi kasus, dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data dan informasi, Peneliti menggunakan wawancara mendalam, observasi non pastisipan, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi branding yang dilakukan Panin Dai-chi Life terhadap produk layanan Bekal Proteksi Bunda dalam e-commerce Bekal Hidup telah memenuhi aspek dan unsur komunikasi branding yaitu brand visualization, brand activation, dan brand awareness. Selain itu, dalam unsur komunikasi branding yaitu konten yang relevan dan populer, frekuensi unggahan konten, dan banyaknya platform/media yang digunakan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa adanya hambatan dalam komunikasi branding yang dilakukan Panin Dai-chi Life terhadap produk layanan Bekal Proteksi Bunda dalam e-commerce Bekal Hidup.