Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMK Grafika Yayasan Lektur Jakarta Selatan. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu Guru Pendidikan Agama Islam, peserta didik kelas XI Angkatan 2022/2023 dan Kepala Sekolah SMK Grafika Yayasan Lektur Jakarta Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik memiliki dua faktor pendukung, yang pertama faktor internal : minat dari dalam diri peserta didik dan kedua faktor eksternal : Guru Pendidikan Agama Islam berperan sebagai pemimpin pembelajaran, pengelola kelas, motivator, suri teladan, moderator belajar dan evaluator. Adapun peran yang dijalankan oleh Guru Pendidikan Agama Islam sudah berjalan dengan baik, akan tetapi faktor yang sangat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kembali lagi kepada diri peserta didik. Sehingga tingkat motivasi peserta didik kelas XI di SMK Grafika Yayasan Lektur Jakarta Selatan Tahun Angkatan 2022/2023 tergolong sedang.