Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter Islami anak di TPA At-Taqwa kelurahan Kedaung Kaliangke, Jakarta barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek pada penelitian ini adalah Guru Taman Pendidikan Al-Qur?an, orangtua anak serta anak taman Pendidikan Al-Qur'an sebagai data penguat hasil penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada Guru Taman Pendidikan Al-Qur'an, Orangtua anak dan Anak di Taman Pendidikan Al-Qur'an, dan melakukan observasi serta dokumentasi keadaan guru Taman Pendidikan Al-Qur'an . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru Taman Pendidikan Al-Qur'an memiliki banyak peran dalam membentuk karakter islami pada anak bisa dilihat dari peran guru dalam mendidik, mengajar, membimbing, penasehat dan motivator, teladan dalam proses kegiatan pembelajaran anak di Taman Pendidikan Al-Qur'an, Adapun karakter islami yang ditanamkan yaitu sopan santun dan disiplin. Kemudian terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru dalam pembentukan karakter islami anak, diantaranya yaitu adanya dukungan orangtua, serta kegiatan yang Taman Pendidikan Al-Qur'an jalankan.