Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum Merdeka di Kelas X-5 SMA Negeri 58 Jakarta. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru Pendidikan agama Islam dan siswa/i kelas X-5 SMA Negeri 58 Jakarta. Tujuan dari pendekatan saintifik adalah meningkatkan kemampuan berpikir siswa, membentuk kemampuan memecahkan masalah secara sistematis, dan melatih siswa dalam mengungkapkan pendapat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada tahap perencanaan, guru PAI mengikuti pelatihan implementasi kurikulum merdeka, mengembangkan modul ajar, merencanakan asesmen, menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah disusun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Pada tahap pelaksanaan, guru melakukan tahapan-tahapan dalam pendekatan saintifik secara berurutan disertai dengan penerapan asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif. Pada tahap evaluasi, guru PAI menjadikan ketiga asesmen yaitu asesmen diagnostik , asesmen formatif, dan asesmen sumatif sebagai bahan evaluasi dalam proses pembelajaran PAI menggunakan pendekatan saintifik pada kurikulum merdeka di kelas X-5 SMA Negeri 58 Jakarta.