Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendiidikan multikultural terhadap toleransi beragama di SMK Negeri 18 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis statistik asosiatif. Sampel yang digunakan sebanyak 140 peserta didik Kelas X Tahun Ajaran 2022/2023 SMK Negeri 18 Jakarta, pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 29. Instrumen penelitian pengaruh pendidikan multikultural terhadap toleransi beragama di SMK Negeri 18 Jakarta, di sebarkan melalui aplikasi Google Form. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat pengaruh antara pendidikan multikultural terhadap toleransi beragama. Hal ini sesuai dengan pengaruh kedua variabel tersebut yaitu nilai signfikansi yang diperoleh 0,001 < 0,05 dengan ketentuan nilai signifikansi < 0,05 maka kedua variabel tersebut saling berpengaruh. Penelitian ini memiliki pengaruh yang kuat dengan hasil korelasi determinasi yaitu 55,2%. Dengan demikian pengujian hipotesis H1 diterima yang berarti pendidikan multikultural memiliki pengaruh terhadap toleransi beragama di SMK Negeri 18 Jakarta.