Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pemanfaatan Media Powerpoint Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Di MA Manaratul Islam Jakarta Selatan dan Dampak positif apa saja yang dihasilkan dari pemanfaatan powerpoint. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu guru Sejarah Kebudayaan Islam dan 8 siswa/siswi MA Manaratul Islam Jakarta Selatan yang masing-masing terdiri dari empat kelas. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi metode. Dan objeknya yakni MA Manaratul Islam Jakarta Selatan Kelas X Mia 1 dan 2. Hasil dari penelitian ini, pertama siswa lebih aktif, kedua siswa lebih fokus belajar, ketiga siswa lebih interaktif dengan guru dan sebaya, keempat siswa disiplin mengerjakan tugas yang dikasih oleh guru, siswa tidak ada yang keluar masuk kelas. Menunjukan bahwa pemanfaatan Powerpoint sebagian besar efektif, efektifnya meningkatkan hasil belajar siswa pemanfaatan media dengan powerpoint dengan karakteristik materi ajar per babnya.